Rabu, November 25, 2015

Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Yang harus Anda Ketahui

Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Yang harus Anda Ketahui

Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Yang harus Anda Ketahui
Unknown
Pemakaian Smartphone Android tanpa paket internet tentu sama saja seperti feature phone, sehingga tidak bisa mengakses internet, untuk kebutuhan browsing, chatting di Aplikasi messenger, dan membuka aplikasi yang membutuhkan paket internet. Pembelian paket internet untuk bulanan, mingguan dan harian tentu tidak terasa cepat habis jika Anda tidak melakukan penghematan paket data.

Menghemat data disini bukan berarti Anda tidak boleh browsing, melakukan obrolan melalui messenger, membuka aplikasi, akan tetapi menghemat data disini adalah dengan melakukan pengaturan pada HP Android Anda dan juga pada aplikasi yang Anda gunakan. Karena tidak semua orang paham mengenai penghematan data di HP Android, tanpa sadar paket internet yang Anda beli untuk kuota sebulan sudah habis sebelum waktunya.

Adapun cara menghemat paket internet di HP Android adalah dengan melakukan pengaturan pada HP Android itu sendiri, bagi Anda yang belum tahu cara menghemat paket internet tersebut, Anda bisa ikuti cara berikut, dan pemakaian paket data Anda bisa Anda maksimalkan dengan baik. Dan berikut cara menghemat paket data di HP Android yang InfoTech Review informasikan kepada Anda yang harus Anda ketahui;

6 Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Anda.

1. Non Aktifkan Sinkronisasi di HP Android
Anda tahu apa itu sinkronisasi di Android? sinkronisasi di Android adalah menyesuaikan data perangkat Android dengan server dari berbagai gadget dan akun yang digunakan. Dan fungsinya adalah untuk memberikan pemberitahuan atau update terbaru. Kebanyakan Android menggunakan pengaturan auto sinkronisasi, dimana proses sinkronisasi data ini berjalan tanpa ada pemberitahuan kepada Anda jika ada update terbaru dari aplikasi pada akun Android Anda. Dan otomatis paket data Anda disedot untuk mengunduh pembaharuan dan untuk mensikronkan data di Android dengan perangkat dan akun lainnya. Sehingga Anda sering terkejut tiba-tiba saja paket internet Anda habis sebelum waktunya habis.

6 Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Anda.

6 Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Anda.
Salah satu cara untuk menghemat data di HP Android adalah dengan menonaktifkan sinkronisasi di HP Android. Agar proses sinkronisasi tidak berjalan tanpa pemberitahuan kepada Anda. Sehingga Anda bisa mengatur mana yang lebih penting untuk disinkronkan dan mana yang tidak penting, dengan cara ini tentu bisa menghemat paket data, karena tidak ada pemakaian data yang berlebihan yang berjalan tanpa kontrol Anda.

2. Gunakan Aplikasi Android Yang Ramah Terhadap Penggunaan Data
Banyak aplikasi yang berjalan mampu menghabiskan data lebih cepat, dan banyak juga aplikasi yang ramah terhadap penggunaan data internet Android Anda. Dan ada juga aplikasi yang memberikan opsi menghemat data dengan fitur offline juga bisa berjalan, seperti Menonton Video di Aplikasi YouTube dengan fitur Offline yang kini di Android sudah bisa Anda lakukan tanpa harus menonton secara online dimana akan cepat menghabiskan data Anda.

Dengan menggunakan aplikasi yang ramah terhadap pemakaian data, tentu akan lebih tahan lama penggunaan data di Android.

3. Batasi Kuota Data di Android 
Dengan membatasi pemakaian kuota data di Android, maka Anda akan mendapat warning jika suatu saat data Anda sudah mulai habis, karena banyak pengguna tidak sadar disaat asyik browsing dan melakukan unduhan, paket data sudah habis tanpa ada pemberitahuan karena tidak membatasi kuota data saat pembelian paket internet. Hasilnya bukan hanya data yang habis pulsa yang ada juga bisa tersedot habis.

Pengguna Android yang cerdas tentu tahu mengontrol pemakaian datanya, salah satunya dengan mengaktifkan pembatasan data di HP Android.

4. Aktifkan Penghemat Data di Aplikasi Browser Chrome

Kalau Anda menggunakan Chrome untuk browsing di HP Android, sudah kah Anda melakukan setting penghematan Data di Android? Kalau belum Anda bisa setting langsung di Android Anda dengan membuka Aplikasi Browser Chrome kemudian pilih Setelan kemudian pilih Penghemat Data lalu Geser Untuk Mengaktifkan Penghemat Data. Lihat Gambar;

Cara Menghemat Paket Data di HP Android
Cara Menghemat Paket Data di HP Android

Cara Menghemat Paket Data di HP Android



Dengan mengaktifkan ini Anda bisa menghemat data 5 sampai 50 persen penghematan data karena Chrome menggunakan kompres pada browsernya jadi semakin ringan dan tidak banyak pemakaian data.


5. Update Aplikasi Jika Jaringan WiFi Tersedia
 Jika Anda ingin menghemat data saat pembaharuan Aplikasi Android, Anda bisa setting di Aplikasi Google Play, Pada menu, Anda bisa memilih setelan, kemudian pilih Pembaharuan Aplikasi secara Otomatis Hanya Melalui WiFi.  Lihat Gambar;

Cara Menghemat Paket Data di HP Android
Cara Menghemat Paket Internet di HP Android
Cara Menghemat Paket Data di HP Android




Dengan cara ini, jika ada pembaharuan aplikasi Android tersedia, tentu tidak akan menyedot data Anda, karena hanya jika koneksi WiFi tersedia saja lalu kemudian update Aplikasi bisa diperbaharui.

6. Non Aktifkan Data jika Open WiFi tersedia.
Kalau Anda ingin lebih menghemat data, Anda bisa memanfaatkan WiFi yang tersedia. Misalnya di rumah Ada WiFi tersedia, maka tinggal aktifkan saja, dan jika Anda ke kantor juga bisa menghubungkan perangkat Anda ke WiFi juga, ini akan lebih menghemat data Anda. Jadi Anda hanya mengaktifkan paket data Android Anda di saat tidak ada jaringan WiFi terbuka tersedia.
Itulah 6 Cara yang bisa Anda terapkan untuk menghemat pemakaian Paket internet di HP Android Anda. Semoga bisa menjadi referensi terbaik Anda dalam mengatasi permasalahan paket data Anda yang cepat habis. 
Cara Menghemat Paket Internet di HP Android Yang harus Anda Ketahui
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon