Senin, November 16, 2015

Macam Ragam Tipe USB Dan Perbedaannya

Macam Ragam Tipe USB Dan Perbedaannya

Macam Ragam Tipe USB Dan Perbedaannya
Unknown
Anda tentu sudah sering menggunakan USB sebagai alat bantu menyelesaikan perkerjaan seperti USB yang terhubung dengan Printer dari komputer, atau scanner. Tapi tahukah Anda macam ragam dari tipe USB tersebut dan apa bedanya dari masing-masing tipe tersebut? InfoTech Review akan menjelaskannya kepada Anda macam-macam tipe USB dan perbedaannya.

USB ada tiga tipe yang sampai saat ini sudah sering digunakan sebagai alat transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain. Adapun tipe USB tersebut adalah;

tipe usb dan kelebihannya

3 Tipe USB Perbedaan dan Kelebihannya

1. USB Type A
2. USB Type B
3. USB Type C

Dari 3 tipe USB tersebut, Anda bisa melihat fungsi kerja dari masing-masing tipe USB yang akan membedakan satu sama lainnya.

USB Type A


USB Type A memiliki standar yang sering digunakan di komputer, USB extender, USB Hub, USB Flashdrive dan USB Modem. Walaupun USB Tipe A ini sudah banyak beredar menggunakan USB versi 3.0 namun versi 3.0 ini masih bisa juga kompatibel dengan USB 2.0. Kelebihan USB Tipe A 3.0 adalah proses transfer data lebih cepat dibandingkan dengan USB versi 2.0. Walaupun sudah diupgrade ke versi 3.0 namun sampais aat ini masih banyak perangkat yang masih support dengan USB Versi 2.0 karena manufaktur masih memikirkan produk perangkat yang sampai saat ini masih banyak digunakan dengan bantuan USB versi 2.0.

USB Type B


USB ini sering Anda temui untuk data transfer di printer yang terhubung dengan PC, ataupun scanner. Dan tanpa Anda sadar Smartphone Anda saat ini banyak menggunakan USB Tipe B. USB tipe B bisa bisa juga Anda temui di kabel USB Hardisk Eksternal dimana banyak yang sudah menggunakan versi 3.0 yang kecepatan data transfer lebih cepat dari versi 2.0.


USB Type C

Tipe C ini memiliki desain sedikit tipis dari desain dua tipe sebelumnya, dan USB tipe C ini bisa digunakan bolak balik untuk kepentingan data transfer. Kelebihan USB Tipe C ini adalah selain bisa untuk kepentingan transfer data lebih cepat, USB tipe ini juga bisa melakukan isi daya lebih cepat juga karena menggunakan arus lebih besar sekitar 5A dibandingkan USB tipe B dan A. Selain itu, USB tipe ini tidak masalah kapan pun dicabut dan disambung dengan perangkat. Yang hebatnya lagi USB Tipe C ini sudah bisa digunakan untuk transfer video dengan resolusi 4K yang saat ini sudah mulai ada pada spesifikasi Smartphone selain televisi.

Itulah ragam USB berdasarkan tipe dan kelebihan masing-masing. Dan dari perbedaan tersebut kini Anda semakin mengerti apa itu SUB dan jenisnya yang sering dihadapkan pada Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat! Bantu share informasi ini jika memang memberikan pengalaman baru untuk Anda dalam menggunakan USB di perangkat Anda.

Anda mungkin juga tertarik membaca

Macam Ragam Tipe USB Dan Perbedaannya
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon