Jumat, September 01, 2017

Teknologi Printer Berbasis WiFi

Teknologi Printer Berbasis WiFi

Anda mahasiswa? Atau pekerja kantoran? Mungkin anda tidak asing dengan perangkat keras yakni printer. Printer merupakan salah satu jenis hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen baik berupa tulisan dan gambar. Saat ini masih banyak printer yang menggunakan kabel sebagai penghubung dengan perangkat lainnya, namun seiring berkembangnya teknologi sekarang juga sudah mulai berkembang printer berbasis nirkabel, salah satunya yakni printer berbasis WiFi.

Printer yang masih menggunakan kabel sebagai penghubung memiliki banyak kerugian, antara lain semakin banyak printer yang digunakan, maka kabel akan semakin semrawut dan berantakan sehingga tempat atau ruangan anda lebih terkesan tidak rapi. Selain itu, printer jenis ini apabila digunakan atau dihubungkan ke perangkat lain di ruangan lain, maka harus banyak jaringan atau sambungan kabel yang harus dibuat. Membuat jaringan kabel yang terkesan rapi dan tidak berbahaya bagi orang lain itu juga merupakan pekerjaan yang tidak mudah serta membutuhkan biaya yang relatif tidak murah.

wireless printer


Kini, telah hadir printer dengan teknologi wireless atau WiFi. Teknologi WiFi kini semakin populer di kalangan masyarakat, baik berupa pekerja kantoran bahkan hingga anak SD pun kini sudah kenal dengan WiFi. WiFi semakin digunakan karena lebih praktis. Praktis dari segi pengguna, maksudnya yakni menggunakan sebuah WiFi saja sudah bisa mencakup hingga 10 pengguna internet. Printer WiFi ini selain bisa digunakan melalui perangkat komputer, juga bisa digunakan melalui perangkat android. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Cloud Print untuk mencetak dokumen atau gambar dari android ke printer.

Baca:

Cara Setting Koneksi Wireless Printer Ke PC atau Laptop Dengan Mudah


Selain digunakan untuk mengakses internet, WiFi kini pun juga digunakan dalam teknologi tambahan dalam printer. Secara singkat, cara kerja printer berbasis WiFi yakni administrator jaringan yang siap dipakai harus menyambungkan printer ke jaringan tersebut sehingga perangkat lain yang terhubung pada jaringan itu bisa terkoneksi. Setelah saling terhubung, maka perangkat yang sesuai akan dapat mencetak ke printer. Sehingga dengan teknologi tersebut, maka banyak orang dapat menggunakan printer ini.

Tapi yang perlu anda waspadai yakni apabila anda bekerja menggunakan jaringan wireless, anda harus mempertimbangkan segala keamanan, baik keamanan akun maupun keamanan jaringan wireless itu sendiri. Apabila sebuah jaringan wireless tanpa menggunakan keamanan menjadi sasaran yang empuk bagi para hacker untuk membobol akun tersebut. Selain itu apabila jaringan wireless anda tidak dilengkapi keamanan, maka memungkinkan orang luar untuk menggunakan jaringan anda sehingga tagihan yang anda keluarkan akan semakin lebih banyak.

Baca:Cara Print Dokumen dari Android Melalui Aplikasi PrinterShare

Untuk berbagai permasalahan tersebut, anda harus memastikan jaringan wireless anda sudah aman. Beberapa printer WiFi sudah memiliki tombol khusus yang mengaktifkan fitur tesebut serupa pada setiap komputer sehingga anda dapat membuat jaringan antara komputer dan printer anda aman terkendali.

Apabila anda sering bermasalah dengan kabel dan lain sebagainya, mungkin sekarang waktunya anda beralih ke printer berteknologi WiFi agar semakin sederhana yang membuat ruangan anda terlihat rapi. Untuk perawatan printer WiFi juga dibilang tidak terlalu rumit. Hampir sama seperti perawatan printer lainnya, yakni sebagai berikut.

· Jangan pernah tidak memakai printer anda. Apabila anda sering tidak memakai printer anda, maka ditakutkan tinta akan mengering. Oleh karena itu, usahakan anda memakainya minimal 1 kali sehari.

· Rutinlah membersihkan printer. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tisu untuk membersihkan bagian luar printer dari debu.

· Mencetak dokumen dengan kertas yang tepat. Anda jangan mencetak dokumen yang sekiranya menggunakan ukuran kertas yang tidak sesuai dengan printer anda karena hal tersebut akan berpengaruh pada awet atau tidaknya printer.

· Jangan mencetak dokumen dalam jumlah banyak dalm satu kurun waktu. Ketika anda diharuskan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang besar, maka anda harus mencicilnya. Maksudnya anda tidak boleh mencetak dokumen tersebut dalam waktu sekaligus karena akan membuat rusak printer anda. Beri jangka waktu 3-5 menit untuk printer anda “beristirahat”.

Berikut beberapa tips bagi anda untuk merawat printer/printer WiFi anda. Jangan lupa untuk selalu service printer ke service center terdekat agar printer WiFi anda tetap awet dan tahan lama.

Baca juga: Printer 3D; Teknologi Terbaru di Dunia Percetakan

Teknologi Printer Berbasis WiFi
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon